Langsung ke konten utama

Improvement PROSES

Proses adalah kumpulan kegiatan yang dilakukan secara sistimatis dan terukur yang bertujuan menghasilkan produk atau layanan dibutuhkan oleh pelanggan.

Misalnya Pada penciptaan produk, dibutuhkan sebuah rangkaian proses yang terdiri dari penyediaan bahan baku, penyimpanan bahan baku, pembuatan produk, penyimpanan bahan jadi, penjualan dan pelayanan.

Inovasi adalah terobosan baru yang bertujuan memberi nilai baru bagi produk atau layanan yang ditawarkan.

Banyak perusahaan melakukan inovasi berbasis proses yang dimilikinya, apakah dari sisi penyediaan bahan baku, proses pembuatan, penyimpanan, penjualan maupun pelayanan seperti pada rangkaian proses diatas.

Seiring Perubahan yang dicanangkan oleh SHAFCO banyak terobosan PERBAIKAN yang dilakukan pada mata rantai Produksi dimana hal ini hasil kolaborasi berbagai unit kerja yang tergabung dalam Tim Kaizen.

Pada Proses Perencanaan dilakukan Perbaikan pada Perhitungan Konsumsi penggunaan Kain dimana hal ini mempunyai dampak signifikan pada Percepatan waktu produksi dan penurunan biaya dari penggunaan bahan.

Pada proses penerimaan bahan baku dilakukan perbaikan pada pengelolaa. Kedatangan barang dimana barang yang datang di bagi ke dalam 4 zona : zona volume besar. Volume kecil. Zona return dan zona bermasalah.

Pada proses produksi dilakukan kemitraan strategis jangka panjang dengan mitra produksi berbasis FOB.

Pada proses distribusi dilakukan pembenahan pada proses pengiriman barang berbasis prioritas

Pada proses marketing dilakukan proses penguatan kapasitas sdm marketing berbasis entrepreuneur dimana pengelola toko di bekali strategy menghadirkan pelanggan dan mengelola pelanggan loyal.

Dengan mengenali rangkaian proses dalam menciptakan produk atau layanan diatas, maka akan memudahkan  dalam melakukan perbaikan  yang dilakukannnya


Komentar

HOT Artikel

KODE diatas KAIN

Kegiatan awal dari sebuah produksi adalah melakukan proses cutting dimana proses ini diawali dengan menyiapkan bahan yang akan di potong. Penyiapan bahan dilakukan oleh bagian gudang bahan dengan menyimpannya di area penerimaan bahan cutting. Sering kali saat sudah disimpan bagian cuting kesulitan mencari bahan apalagi jika order cutting sedang banyak. Untuk memudahkan pencarian oleh bagian cutting, bagian gudang bahan akan menyimpan informasi berupa tulisan kode pekerjaan diatas bahan dimana hal ini akan memudahkan bagian cutting saat mencari bahan yang akan dipotong di bagian penerimaan bahan cutting.

GALERY ORIENTASI ala ujian SIM

Yang sudah usia17 tahun ke atas dan punya kendaraan pasti pernah berurusan sama Polres untuk membuat Sim A atau C. Alur proses yang dilalui mulai dari pendaftaran, ujian tertulis dan ujian praktek dan setelah dinyatakan lulus di foto dan diberikan kartu sim nya. Proses diatas menginspirasi untuk menghadirkan GALERY ORIENTASI dishafco. Konteks nya adalah saat perusahaan menerima karyawan baru maka sebelum masuk ke unit kerja dilakukan proses pelatihan dimana salahsatunya wajib mengunjungi Galery ini. Disini peserta wajib membaca sejarah.visi.misi. value. Produk. Pelanggan dan lain lain. Diakhir kunjungan dilakukan ujian tertulis dan simulasi untuk kasus tertentu. Jika sudah bisa menjawab semuanya karyawan dinyatakan layak masuk unit kerja dan untuk pertama kalinya diberikan KARTU PEGAWAI sebagai tanda sudah menjadi KELUARGA BESAR Perusahaan.

Menjadi LEBIH BAIK

selamat datang, Saat ini SHAFCO sedang menjalankan TRANFORMASI BISNIS yang meliputi Perubahan  Strategy, Operasional dan keuangan. merespon Hal ini banyak upaya yang dilakukan satu diantaranya adalah memastikan PROSES BISNIS SHAFCO berjalan secara efektif dan efisien. berbekal Pengetahuan PROSES BISNIS dan  LEAN MANAGEMENT, SHAFCO melalui unit kerja QMS,   kami mengajak semua karyawan untuk terlibat dalam proses pemecahan masalah  dengan satu tujuan agar PROSES BISNIS berjalan secara efektif dan efisien dalam menciptakan Produk yang berkualitas.  Melalui   5 Tim Kaizen yang kita miliki saat ini, diharapkan dapat  melakukan perbaikan pada proses Perencanaan, Pembelian, Logistik, Produksi dan Marketing dimana Hasil Perbaikan yang dilakukan diharapkan mampu mengahadirkan PROSES BISNIS SHAFCO seperti saya uraikan diatas. Semoga Upaya kita ini, dapat membawa PERUBAHAN SHAFCO ke arah yang LEBIH BAIK dalam Menciptakan Produk yang dibutuhkan oleh Pelanggan dan tentunya dapat menjadi KEBANG