Proses adalah kumpulan kegiatan yang dilakukan secara sistimatis dan terukur yang bertujuan menghasilkan produk atau layanan dibutuhkan oleh pelanggan.
Misalnya Pada penciptaan produk, dibutuhkan sebuah rangkaian proses yang terdiri dari penyediaan bahan baku, penyimpanan bahan baku, pembuatan produk, penyimpanan bahan jadi, penjualan dan pelayanan.
Inovasi adalah terobosan baru yang bertujuan memberi nilai baru bagi produk atau layanan yang ditawarkan.
Banyak perusahaan melakukan inovasi berbasis proses yang dimilikinya, apakah dari sisi penyediaan bahan baku, proses pembuatan, penyimpanan, penjualan maupun pelayanan seperti pada rangkaian proses diatas.
Seiring Perubahan yang dicanangkan oleh SHAFCO banyak terobosan PERBAIKAN yang dilakukan pada mata rantai Produksi dimana hal ini hasil kolaborasi berbagai unit kerja yang tergabung dalam Tim Kaizen.
Pada Proses Perencanaan dilakukan Perbaikan pada Perhitungan Konsumsi penggunaan Kain dimana hal ini mempunyai dampak signifikan pada Percepatan waktu produksi dan penurunan biaya dari penggunaan bahan.
Pada proses penerimaan bahan baku dilakukan perbaikan pada pengelolaa. Kedatangan barang dimana barang yang datang di bagi ke dalam 4 zona : zona volume besar. Volume kecil. Zona return dan zona bermasalah.
Pada proses produksi dilakukan kemitraan strategis jangka panjang dengan mitra produksi berbasis FOB.
Pada proses distribusi dilakukan pembenahan pada proses pengiriman barang berbasis prioritas
Pada proses marketing dilakukan proses penguatan kapasitas sdm marketing berbasis entrepreuneur dimana pengelola toko di bekali strategy menghadirkan pelanggan dan mengelola pelanggan loyal.
Dengan mengenali rangkaian proses dalam menciptakan produk atau layanan diatas, maka akan memudahkan dalam melakukan perbaikan yang dilakukannnya
Komentar
Posting Komentar